Perbedaan paket internet unlimited dan kuota (volume based)

Ada penyedia layanan internet yang menyediakan layanan internet unlimited dan yang berbasis kuota. Lalu apa sih perbedaan antara paket internet unlimited dan kuota? Jangan sampai salah pilih paket internet. Sebaiknya pilih yang sesuai keperluan. Pertimgangkan apakah benar-benar ingin menggunakan paket unlimited atau tidak.

Banyak provider yang menyediakan layanan internet dengan berbagai pilihan paket. Mulai dari yang berbasis kuota, yang memberikan kuota banyak tapi untuk di jam-jam tertentu, ada juga yang menawarkan paket unlimited.

Paket internet kuota
Paket internet berbasis kuota (volume based) merupakan paket internet dengan batasan kuota. Misal, paket internet 5 GB seharga Rp50.000, jika pemakaian sudah 5 GB, maka paket tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi (sudah habis). Untuk mengaktifkannya lagi, pengguna perlu membelinya lagi. Kalau kuota sudah habis, tapi terus dipakai internetan, maka bisa-bisa terkena tarif normal. Maksudnya tarif internet tanpa paket internet, bisa memerlukan banyak pulsa.

Selain adanya batasan kuota, pada paket internet yang berbasis kuota biasanya ada masa aktifnya. Paket internet sudah tidak bisa digunakan lagi jika masa aktifnya sudah habis. Misal, Anda beli paket internet 5 GB dengan biaya pulsa Rp50.000, dan masa berlaku paket tersebut 30 hari. Jika sudah 30 hari, meski Anda baru menggunakan1 MB, paket internet tetap tidak bisa dipakai.

Paket internet unlimited
Lalu apa sih paket internet unlimited itu? Apakah tidak ada batasan kuota? Seharusnya sih iya. Yang namanya unlimited harusnya tak dibatasi. Banyak penyedia layanan internet menawarkan paket internet unlimited, tapi memberlakukan batas pemakaian wajar. Jika pemakaian sudah sekian MB /. GB, maka batas kecepatan akan diturunkan. Kalau batas maksimal kecepatannya masih lumayan, masih bisa buat mengakses web atau chatting sih mending. Tapi, kalau yang buat buka Google aja ditinggal masak Indomie loadingnya nggak kelar-kelar, buat apa pilih paket unlimited?

Bagi Anda yang ingin mencoba paket internet unlimited, cari tahu batas pemakaian wajar atau FUP (Fair Usage Policy) dari paket tersebut. Kalau paket unlimited Rp10.000 / minggu tapi FUP-nya cuma 10 MB, buat apa?

Perbedaan Paket Internet Unlimited dan Kuota
Berdasarkan pembahasan di atas, secara singkat berikut ini perbedan antara paket internet yang berbasis kuota dan paket internet unlimited (berlaku untuk provider layanan internet yang menerapkan FUP).

Paket internet kuota
– Batas kecepatan maksimal tetap.
– Dibatasi dengan kuota tertentu.
– Jika kuota habis, masa berlaku paket berakhir.

Paket internet unlimited
– Batas kecepatan maksimal akan diturunkan jika sudah mencapai FUP.
– Tidak dibatasi kuota.
– Karena tidak dibatasi kuota, pengguna masih bisa internetan sampai masa berlaku paket habis, dengan cataan batas maksimal kecepatan diturunkan setelah pemakaian mencapai FUP.

Batas maksimal kecepatan maksudnya kecepatan internet yang bisa pengguna dapatkan. Misal, paket internet berbasis kuota provider A menerapkan batas kecepatan 5 Mbps. Maka kecepatan internet yang bisa didapakan maksimal hanya sampai 5 Mbps, tidak bisa lebih dari itu. Selain itu, kecepatan yang didapat juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya adalah ketersediaan sinyal provider tersebut di area pengakses internet.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan paket internet unlimited dan paket internet berbasis kuota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *