Category Archives: Smartfren

Cara Cek Pulsa Smartfren

Bagaimana sih cara cek pulsa Smartfren? Setelah isi pulsa, baik melalui layanan isi ulang pulsa yang disediakan oleh konter, atau mengisi sendiri menggunakan kode voucher, maka ada baiknya untuk mengecek pulsa apakah sudah masuk atau belum. Ketika beli pulsa di konter, sebaiknya langsung dicek di situ. Bisa saja di sananya sudah ada laporan pulsa masuk, tapi nyatanya pulsa belum masuk, padahal nomor yang diisi sudah benar.

Untuk itu, setelah mengisi pulsa, sebaiknya dicek dulu pulsanya sudah masuk atau belum. Kalau pakai voucher, kalau kodenya sudah terpakai kan ada keterangan kalau kode sudah digunakan. Namun jika kode voucher sudah benar, lalu pulsa kok belum masuk, maka solusinya bisa dengan menghubungi Smartfren. Silakan baca cara komplain Smartfren.

Lalu bagaimana cara mengecek pulsa Smartfren?

1. Lewat 999
Cek pulsa Smartfren bisa dilakukan lewat SMS maupun panggilan telepon. Untuk mengetahui sisa pulsa Smartfren lewat SMS, caranya, silakan ketik CEK lalu kirim ke 999. Cara lainnya bisa dengan menghubungi *999 atau 999 lalu ikuti petunjuk yang diberikan.

2. Lewat aplikasi MySmartfren
Aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna Smartfren. Melalui aplikasi ini, pengguna bukan cuma bisa mengetahui sisa pulsa, tapi juga nomor HP, paket internet yang sedang aktif, sisa kuota, dan sebagainya. Kalau ada ruang yang cukup lega di HP Android kalian, tak ada salahnya instal aplikasi ini. Tapi, kalau dirasa kurang bermanfaat, sayang saya memori RAM-nya dipakai buat aplikasi ginian, ya nggak usah diinstal deh :D.

3. Lewat my.smartfren.com
Mengecek pulsa Smartfren juga bisa lewat web my.smartfren.com. Informasi-informasi mengenai kartu Smartfren kalian bisa dilihat melalui web tersebut. Kalian perlu punya akun dulu supaya bisa login. Silakan daftar terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara cek pulsa Smartfren, dari cara yang mudah, hingga yang agak ribet. Kalau pengen lebih greget, datang ke galeri Smartfren buat nanyain sisa pulsa :D.

Dulu orang beli pulsa buat telepon dan SMS. Ya mau bagaimana lagi, banyak HP yang belum punya fitur internet, akses internet juga masih susah. Sekarang, SMS dan nelpon bisa lewat aplikasi. Orang rela beli pulsa puluhan ribu untuk membeli paket internet tertentu. Kualitas jaringan lebih baik, smartphone canggih yang bisa untuk internetan bisa dibeli dengan harga terjangkau, diantaranya adalah HP Smartfren Andromax yang sudah support dengan jaringan 4G. Smartfren bukan cuma sebagai operator seluler saja, tetapi juga menjual HP Android 4G dengan harga terjangkau.

Demikian pembahasan tentang cara cek pulsa Smartfren.

Cara Komplain Smartfren | Menghubungi Operator Smartfren

Bagaimana sih cara komplain Smartfren? Bagaimana cara menghubungi Smartfren kalau ada kendala / masalah yang berkaitan dengan Smartfren? Operator seluler dan penyedia layanan internet tak lepas dari yang namanya komplain, bahkan termasuk provider terbaik sekalipun. Adapun yang umum dikeluhkan adalah tentang masalah jaringan, misalnya kecepatan internet yang lambat, tak seperti yang diiklankan.

Memang kalau diiklan itu katanya kecepatan internetnya sekian, nyatanya buka web aja lama, bukan Facebook aja susah. Well, ada hal yang perlu kalian tau bahwa konsumen belum tentu mendapatkan kecepatan seperti yang diiklankan. Misal, ada iklan layanan internet, disebutkan kecepatannya up to 10 Mbps. Begitu dibeli, eh boro-boro 10 Mbps, dapet kecepatan 1 Mbps aja udah mending.

Sebenarnya provider juga tak salah, karena itu cuma batas maksimal kecepatan yang bisa didapat. Jadi gini, kalau pada paket internet tertentu, misal, up to 10 Mbps, itu adalah batasan maksimal kecepatan internet yang bisa didapat konsumen. Jadi, sangat mungkin kalau kecepatan yang didapat di bawah 10 Mbps.

Keluhan umum yang biasa dikeluhkan oleh pengguna Smartfren adalah masalah susah sinyal. Smartfren kini sudah menggunakan jaringan 4G, sehingga kecepatannya lebih baik ketimbang saat menggunakan EVDO. Meskipun begitu, ketersediaan sinyal juga berpengaruh. Nggak harus sinyal penuh, asalkan stabil.

Sinyal ada, stabil, tapi kok tetep koneksi internetnya lambat? /Itu bisa saja terjadi, misalnya banyak pengguna Smartfren yang akses internet dalam waktu bersamaan sehingga membuat jaringan sibuk.

Itu contoh masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna Smartfren. Jika kalian mau komplain ke Smartfren, ada sejumlah cara yang bisa kalian lakukan. Kalian bisa komplain Smartfren ke galeri Smartfren terdekat. Kalau tak mau ribet-ribet ke galeri, kalan bisa komplain Smartfren lewat telepon dan lewat internet.

Berikut ini cara komplain Sartfren.

1. Menghubungi CS Smartfren
Nomor Cutomer Service (CS) Smartfren adalah 888. Hubungi 888 lalu ikuti petunjuk yang ada. Silakan sampaikan permasalahan kalian yang berkaitan dengan Smartfren (bukan masalah rumah tangga ya :D) lewat panggilan telepon. Setelah menyebutkan informasi yang diminta, langsung saja utarakan maksud kalian, nggak usah gombalin CS-nya :D.

Selain lewat 888, kalian juga bisa melakukan panggilan ke 08811223344, atau lewat nomor telepon (021) 50100000.

2. Lewat Fanpage FB Smartfren
Cara komplain berikutnya bisa melalui halaman Facebook fanpage Smartfren yang beralamat di www.facebook.com/smartfren Atau bisa dengan cari “smartfren” lewat kolom pencarian Facebook. Pastikan memilih fanpage resmi (official) Smartfren, yang ditandai adanya centang putih dengan lingkaran biru.

Kalau sudah ketemu, silakan hubungi Smartfren lewat inbox / Pesan. Tunggu balasan dari pihak Smartfren.

3. Lewat Twitter
Selain akun FB, Smartfren juga memiliki akun Twitter, username-nya @smartfrenworld, @smartfrencare, dan @andromax. Untuk komplain Smartfren lewat Twitter, bisa melalui @smartfrencare. Kalian bisa hubungi akun tersebut lewat DM, atau membuat tweet dengan mention @smartfrencare.

Memang pengguna bisa komplain Smartfren lewat sosial media Smartfren. Namun, sebaiknya komplain lewat panggilan telepon, sehingga kalau ada yang tidak jelas atau kurang paham, bisa langsung ditanyakan. Kalau lewat sosmed, mesti nunggu balasan dari pihak Smartfren, sedangkan yang komplain bukan cuma satu atau dua orang saja.

4. Melalui email
Untuk komplain Smartfren lewat email, silakan kirim email ke customercare@smartfren.com.

5. Melalui laman Contact Us di web Smartfren
Silakan kunjungi https://www.smartfren.com/id/contact-us/ kemudian isi data-data yang diperlukan, seperti nama, email, nomor Smartfren, dan sebagainya.

Sudah tau kan bagaimana cara komplain / menghubungi Smatfren?

Cara Registrasi Kartu Smartfren untuk HP & Modem

Bagaimana sih cara registrasi kartu Smartfren untuk HP Android dan modem? Untuk mendaftarkan kartu bisa dengan melalui SMS. Karena adanya regulasi pemerintah, kartu perdana harus didaftarkan dulu supaya dapat digunakan untuk SMS, nelpon, dan internetan. Tapi, saya pernah beli kartu Smartfren yang ada kuotanya, tidak perlu daftar, langsung bisa untuk internetan.

Tapi, bagi kalian yang sudah beli kartu Smartfren, kemudian kartu tidak bisa digunakan untuk internetan meskipun sinyal kuat, kuota internet ada, sebaiknya didaftarkan dulu. “Duh kok jadi ribet gini ya, pake daftar daftar segala”. Sebenarnya, peraturan ini berguna untuk pengguna, untuk melindungi konsumen. Zaman sekarang banyak penipuan lewat HP, dari dulu juga banyak sih. Kalau dulu registrasi masih bisa menggunakan data asal-asalan, sekarang data yang dimasukkan harus benar, karena harus pakai nomor NIK dan KK (Kartu Keluarga), ini tidak bisa ngasal, kalau NIK dan KK tidak terdaftar, registrasi tidak berhasil (walaupun data sudah benar saja banyak yang gagal).

Untuk itu, sebenarnya registrasi kartu prabayar itu penting. Tapi, registrasi dibatasi cuma maksimal 3 kartu saja. Maksudnya, kalau NIK dan KK sudah didaftarkan untuk 3 nomor kartu, maka tidak bisa lagi.

Cara registrasi kartu Smartfren bisa dilakukan lewat HP Android maupun lewat modem. Beriku ini caranya.

1. Lewat 4444
Untuk mendaftarkan kartu Smartfren baru lewat SMS dengan format NIK#NoKK#, lalu kirim ke 4444. Kalau lewat modem, tinggal buka aplikasi modem, kemudian buka fitur SMS.

2. Lewat web Smartfren
Registrasi juga bisa diakukan melalui web Smartfren. Lha kalau belum didaftarkan kan belum bisa untuk internetan? Gimana caranya coba buka web Smartfren sedangkan kartu belum bisa untuk internetan?

Pendaftaran kartu Smartfren prabayar lewat web bisa dilakukan lewat perangkat lain, dengan kata lain, nggak harus lewat HP dan internetan menggunakan kartu yang mau didaftarkan. Web dapat diakses lewat jaringan WiFi, bisa juga mendaftarkan kartu Smartfren lewat laptop/PC tanpa harus internetan menggunakan kartu Smartfren.

Caranya, buka http://my.smartfren.com/mysmartfren/prepaid_reg.php. Masukkan data-data yang diperlukan, seperti nomor Smartfren dan NIK. Selanjutnya, pilih metode verifikasi, kalian bisa pilih metode verifikasi lewat SMS (kode dikirim ke HP yang dipasangi kartu Smartfren. Langkah berikutnya adalah masukkan nomor KK (yang ada di bagian atas KK, ada 16 digit angka).

Masukkan juga email dan nomor HP lainnya. Setujui syarat dan ketentuan layanan dengan memberi tanda centang pada kotak yang disediakan.

3. Mengunjugi galeri Smartfren
Kalau pendaftaran masih gagal, atau tidak mau ribet-ribet mendaftarkan sendiri, kalian bisa datang ke galeri Smartfren terdekat dengan membawa KK dan KTP.

Pendaftaran kartu Smartfren juga bisa dilakukan lewat konter di mana kalian beli kartu Smartfren, bisa dengan minta bantuan ke pelayan konter untuk mendaftarkan kartu Smartfren yang kalian beli di konter tersebut.

Kalau mendaftarkan sendiri, 1 NIK maksimal cuma bisa untuk 3 kartu. Kalau untuk mendaftarkan nomor keempat dan seterusnya, coba kunjungi galeri Smartfren terdekat.

Demikian pembahasan tentang cara mendaftarkan kartu Smartfren baik di HP Android, maupun lewat modem. Baik lewat SMS maupun lewat online di web Smartfren.

Cara Isi Pulsa Smartfren 4G di Modem dan HP Android

Untuk kalian yang bingung gimana sih cara isi pulsa kartu Smartfren di modem, atau pengen tau gimana sih cara isi pulsa Smartfren di HP Android tanpa harus repot-repot ke konter, kali ini paketinter.net membahas tentang tutorial isi pulsa untuk kartu Smartfren 4G. Kalau mengisi pulsa lewat konter, tentu udah bisa dong ya, tinggal datang ke konter, bilang aja mau beli pulsa, kasihkan nomornya dan sebutkan berapa nominal pulsanya.

Smartfren saat ini menggunakan jaringan 4G sehingga agar bisa menggunakan layanan internet Smartfren, HP Android harus sudah support 4G. Supaya bisa internetan, kartu Smartfren perlu diisi pulsa. Untuk pengguna Smartfren di HP Android, kalau mau internetan menggunakan Smartfren sebaiknya membeli layanan paket internet supaya lebih hemat. Kalau internetan menggunakan pulsa, tanpa didaftarkan paket internet, tarifnya Rp 2/KB, kecuali untuk wilayah Kalimantan dan Sulawesi Rp 4/KB.

Namun, seharinya dibatasi sampai Rp15.000 untuk wilayah dengan tarif Rp2/KB dan Rp30.000 untuk wilayah dengan tarif Rp4/KB. Setelah biaya itu tercapai, kecepatan disesuaikan, tak ada biaya tambahan. Ini sangat berguna bagi yang lupa mendaftarkan paket internet. Baru beli pulsa, belum beli paket, eh langsung digunakan untuk internetan. Bayangkan kalian isi pulsa Rp100.000, lupa didaftarin paket, langsung digunakan untuk internetan, sedangkan kalau pakai tarif internet tanpa paket, kenanya mahal.

Cara Isi Pulsa Smartfren

1. Dengan voucher Smartfren
Smartfren menyediakan voucher isi ulang dan voucher internet. Untuk kalian yang beli pulsa untuk internetan, sebaiknya langsung beli voucher kuota internet saja, sehingga tak perlu repot-repot daftarin paket internet. Kalau untuk pengguna MiFi, tak perlu daftar paket. Tinggal isi ulang, lalu pulsa secara otomatis dikonversi jadi kuota internet.

Voucher isi ulang Smartfren tersedia mulai dari nominal terkecil 5.000 hingga yang terbesar 1.000.000.

Untuk mengisi pulsa Smartfren menggunakan voucher, bisa melalui SMS dan panggilan telepon.

Cara isi pulsa menggunakan voucher Smartfren lewat SMS yaitu dengan ketik Isi(spasi)16 digit kode voucher.

Melalui panggilan telepon ada dua cara. Pertama, tekan *999* diikui dengan kode voucher. Cara kedua yaitu dengan melakukan panggilan ke 999, lalu ikuti instruksi yang ada.

Sebaiknya dilakukan di konter tempat kalian beli voucher tersebut. Agar kalau ada masalah, bisa langsung ditanyakan. Misalnya, kode vouher tidak bisa digunakan, atau sudah isi ulang dengan voucher, tapi pulsa belum / tidak masuk.

2. Lewat aplikasi
Untuk pengguna Android, kini sudah banyak aplikasi untuk isi pulsa. Dengan aplikasi tersebut, kalian tak perlu repot-repot datang ke konter. Bayangkan malam-malam kalian perlu pulsa cuma 5.000, jarak konter jauh, dengan aplikasi layanan isi pulsa, ini sangat membantu.

Selain itu, harga yang diberikan juga lebih murah. Lalu bayarnya pakai apa? Supaya aplikasi bisa digunakan untuk isi pulsa, terlebih dahulu kalian isi saldo, melalui metode pembayaran yang sudah disediakan.

Karena harganya yang lebih murah, kalian bisa menggunakan aplikasi tersebut bukan sebagai konsumen saja, tapi bisa juga memanfaatkan layanan tersebut untuk jualan pulsa.

Aplikasi semacam itu bisa didapatkan lewat Play Store.

3. Lewat Bukalapak dan Tokopedia
Selain sebagai media berjualan lewat online, kedua marketplace tersebut juga menyediakan layanan isi pulsa. Untuk Bukalapak, minimal nominal pulsa Smartfren yang bisa dibeli adalah 20.000. Sedangka di Tokopedia, minimal nominal pulsa yang bisa dibeli adalah 5.000.

Untuk isi saldo Bukalapak dan Tokopedia bisa lewat Indomaret / Alfamart. Kalo gitu kenapa nggak sekalian isi pulsa lewat Indomaret aja 😀 . Kalau nggak biasa beli barang lewat Bukalapak dan Tokopedia, ya mending isi pulsa lewat cara lainnya saja, ketimbang repot-repot isi saldo Bukalapak dan Tokopedia cuma untuk sekedar beli pulsa. Tapi, itu terserah Anda, mana yang lebih nyaman untuk Anda.

Itulah beberapa cara isi pulsa Smartfren, baik untuk HP Android, maupun untuk modem.

Harga Paket Internet MIFI Smartfren Connex Evo

Berapa sih harga paket internet MiFi Smartfren? Connex EVO merupakan layanan paket internet untuk pengguna MiFi (modem WiFi Smartfren). Layanan ini menerapkan auto purchase. Artinya, setiap kartu diisi pulsa, maka akan diubah jadi paket internet, sehingga tak perlu repot-repot daftar paket internet.

Adapun kekurangan paket ini adalah adanya pembagian antara kuota malam dengan kuota 24 jam. “Ah nggak papa deh, biasa tidurnya tengah malam”.  Kalau malamnya jam 10 sih masih mending, ini kuota malamnya berlaku dari jam 01.00 WIB sampai 04.59 WIB. Itu malam atau pagi tuh? 😀 Kuota malam cuma berlaku untuk pilihan paket di atas 30 MB.

Berikut ini daftar harga paket internet Smartfren Connex EVO.

30 MB
Untuk yang hobi internetan, rasanya pilihan paket ini tak cocok. Cuma 30 MB, buat Youtube-an, bisa kelar dalam hitungan menit. Paket ini harganya cuma Rp2.000 dengan masa berlaku cuma 1 hari.

3 GB
Mulai paket yang 3 GB, ada pembagian kuota antara kuota 24 jam dan kuota malam. Kalau yang untuk 3 GB ini, porsi kuota malamnya lebih besar, yakni 1,75 GB. Sedangkan kuota 24 jamnya cuma 1,25 GB. Tarifnya Rp10.000 dengan masa aktif paket selama 7 hari.

4 GB
Untuk paket 4 GB ke atas, untuk yang Connex Evo ini, pembagian kuota malam dengan kuota 24 jam seimbang. Kalau untuk pilihan paket 4 GB ini tentu saja kuota malamnya 2 GB, sedangkan kuota 24 jamnya 2 GB. Masa berlakunya 14 hari. Adapun tarifnya Rp20.000.

8 GB
Kalau dirasa paket 4 GB masih kurang, tenang saja, masih banyak pilihan lainnya. Smartfren Connex Evo dengan total kuota 8 GB harganya Rp30.000. Kalau dipikir-pikir, ketimbang yang 4 GB, mending 8 GB, cuma selisih Rp10.000. Tapi, itu terserah kalian, mana yang lebih cocok untuk kalian. Kuotanya memang beda, tapi masa aktifnya sama, yaitu 14 hari.

16 GB
“Hari gini 8 GB buat apaan?” Kalau masih kurang juga, Smartfren Connex Evo menyediakan layanan internet untuk MiFi dengan kuota lebih banyak, yakni 16 GB. Meski kuota 24 jamnya cuma setengahnya, dengan harga paket Rp60.000 dan masa aktif paket 30 hari, ini harga yang wajar untuk layanan internet 4G.

30 GB
Bagi yang hobi internetan, suka akses yang berat-berat, dengan pulsa Rp100.000 kalian bisa menikmati layanan internet Smartfren Connex Evo dengan total kuota 30 GB. Masa aktifnya 30 hari. Adapun pembagian kuotanya 15 GB kuota malam dan 15 GB kuota 24 jam.

45 GB
Modem MiFi Smartfren dapat digunakan untuk internetan lebih dari satu perangkat, sehingga cocok untuk digunakan satu keluarga. Tinggal aktifkan MiFi, lalu sambungkan perangkat seperti halnya menyambungkan WiFi. Dengan kuota melimpah yang ditawarkan Smartfren, pilihan paket ini cocok untuk digunakan bersama-sama. Adapun harga paket Smartfren Connex Evo untuk kuota 45 GB (22,5 GB kuota 24 jam dan 22,5 GB kuota malam) yaitu Rp150.000 dengan masa berlaku 30 hari.

60 GB
Kalau 45 GB masih kurang untuk digunakan beramai-ramai, ada pilihan dengan kuota yang lebih besar, yaitu 60 GB. Untuk saat ini, inilah pilihan paket internet Smartfren Connex Evo dengan kuota terbesar. Tarifnya Rp200.000 dengan masa berlaku 30 hari.

Gimana sih cara daftar paket internet Smartfren Connex Evo?
Paket ini khusus untuk perangkat MiFi Smartfren. Pengguna tak perlu repot-repot mendaaftarkan paket. Tinggal isi ulang pulsa atau menggunakan voucher, pulsa akan dikonversi menjadi kuota internet, tanpa perlu registrasi paket.

Untuk yang kuota malam, kuota ini lebih dipriortaskan. Maksudnya, ketika kuota malam belum habis, kemudian pengguna Smartfren Connex Evo internetan pada jam 01.00 – 04.59, maka kuota yang digunakan adalah kuota malam. Kalau kuota malamnya habis, barulah yang digunakan kuota 24 jam.

Jika kuota internet habis, maka tidak bisa untuk internetan, kecuali untuk chatting di WhatsApp, BBM, dan Line. Meski paket internet berbasis kuota, tapi untuk mengakses aplikasi chatting tersebut, berlaku unlimited, tidak dibatasi kuota. Namun, ada batas penggunaan wajar.

Masa aktif paket tidak menunjukkan bahwa paket internet tetap dapat digunakan selama masa berlakunya belum habis. Paket Smartfren Connex Evo adalah paket berbasis kuota, sehingga hitungannya kuota, bukan masa aktif. Masa aktif ini cuma menunjukkan masa berlaku paket dapat digunakan. Misalnya, kalian punya sisa kuota 10 GB, tapi masa berlaku paketnya habis, maka tidak bisa digunakan internetan, meskipun kuotanya masih banyak. Sebaliknya, kuota habis tapi masa berlaku masih lama, ini juga tidak bisa untuk internetan. Selain itu, kartu juga harus dalam keadaan aktif / masih dalam masa aktif.

Demikian pembahasan tentang paket internet Mifi Smartfren Connex EVO 4G LTE.

Cara Internet Smartfren agar tidak Lemot

Akses internet Smartfren lemot / lola? Gimana sih caranya biar internet pakai Smartfren cepat, tidak lemot? Ada sejumlah faktor penyebab koneksi internet lambat, diantaranya adalah perangkat yang digunakan dan ketersediaan sinyal. Tapi, yang sangat penting adalah kuat tidaknya sinyal di area pengakses internet menggunakan Smartfren. Meski perangkatnya bagus, sudah 4G, paket internetnya yang mahal, kalau sinyalnya susah, juga dapat menghambat kelancaran akses internet.

Smartfren bukanlah provider baru. Dengan maraknya penggunaan jaringan 4G, Smartfren yang dulunya menyediakan layanan CDMA, kini sudah tidak mendukung layanan tersebut. Smartfren beralih ke jaringan 4G LTE. Dengan begitu, HP Smartfren yang masih menggunakan CDMA, tidak bisa menggunakan jaringan Smartfren lagi. Mau nggak mau, HP Smartfren CDMA harus di-upgrade ke 4G supaya bisa digunakan lagi untuk internet menggunakan Smartfren. Kalau sudah tidak bisa lagi, solusinya bisa dengan internetan memakai WiFi supaya HP masih tetap bisa digunakan untuk internetan.

Smartfren menyediakan layanan internet 4G dengan tarif yang terjangkau. Pada umumnya harga paket internet 4G lebih murah ketimbang 3G. Namun, banyak area yang masih belum terjangkau sinyal 4G.

Meski katanya akses internet 4G itu cepat. Nyatanya masih banyak juga yang komplain. Banyak yang komplain tentang masalah jaringan Smartfren. Memang sih, secara teknis, akses internet menggunakan 4G lebih cepat ketimbang 3G. Dengan catatan, sinyal 4G-nya juga kuat. Tapi, walaupun sinyal cuma 1 bar, akses internet 4G sudah lumayan.

Bagi yang mau menggunakan Smartfren untuk internetan, pastikan perangkat yang digunakan sudah mendukung 4G. Kalau masih 3G, maka sebaiknya jangan. Selain itu, cari tau apakah di daerah kalian sudah terjangkau jaringan 4G Smartfren atau belum. Kalau perangkat sudah mendukung 4G, sinyal Smartfren juga sudah terjangkau, tapi internet masih lelet, gimana solusinya?

Cara Internet Smartfren agar tidak Lemot

1. Gunakan browser cepat
Browser bawaan OS Android, yaitu Chrome termasuk salah satu browser yang bagus buat internetan. Kalau browser bawaan perangkat Android beda lagi. Kalau di saya, nama aplikasinya Internet.

Chrome sudah dilengkapi fitur supaya internet lebih cepat. Fitur tersebut bekerja dengan melakukan kompresi terhadap halaman web yang diakses. Dengan begitu, data yang diakses lebih kecil sehingga halaman web dapat dimuat lebih cepat. Selain meningkatkan kecepatan akses internet, fitur ini juga berguna untuk menghemat kuota. Fitur penghemat data di browser Chrome dapat diaktifkan lewat Setelan. (baca juga: cara menghemat kuota internet di HP Android)

2. Akses internet bukan di jam sibuk
Sinyal ada, kuota banyak, tapi kok tetap lelet juga? Faktor lain yang menyebabkan akses internet lambat adalah banyaknya pengguna lain yang akses internet secara bersamaan. Ibaratnya internet itu jalan raya, makin banyak kendaraan yang lewat, jalan makin padat, sehingga jadi macet, perjalanan jadi lama. Jalan raya biasanya lebih sepi pada tengah malam.

Begitu juga dengan internet, makin banyak yang akses menggunakan jaringan yang sama, dapat membuat kecepatan akses internet lebh lambat.

Untuk kalian yang tinggal di daerah yang kalau jam-jam sibuk akses internetnya lambat, coba gunakan internet bukan pada jam-jam sibuk.

3. Cek paket internet yang digunakan
Jika kalian pengguna paket internet Smartfren unlimited 4G, perlu diketahui bahwa pada layanan tersebut ada yang namanya batas pemakaian wajar. Jika sudah mencapai batas tersebut, batas kecepatan akan diturunkan (kecuali paket yang seharga Rp50.000, tidak diberlakukan batas pemakaian wajar). Untuk penjelasannya, silakan buka …

4. Hindari terlalu banyak instal aplikasi
Banyak aplikasi yang terhubung lewat online. Ada aplikasi yang meski tidak dibuka, tapi tetap berjalan di belakang layar. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat memperberat kinerja smartphone, sehingga dapat menurunkan peforma smartphone.

Itulah beberapa cara mengatasi akses internet marfren yang lemot

Harga Paket Internet Smartfren Unlimited 4G

Hari gini apa masih ada provider yang menyediakan layanan internet unlimited? Ada. Salah satunya Smartfren. Operator yang dulunya identik dengan CDMA ini kini menyediakan layanan paket internet Smartfren unlimited 4G dengan harga yang murah.

Smartfren menyediakan beberapa pilihan paket internet unlimited, katanya sih beneran unlimited. Tapi, nyatanya ada batasan FUP. Jika sudah mencapai FUP, pengguna paket internet unlimited Smartfren masih bisa internetan, tapi kecepatannya diturunkan.

Paket internet ini bisa digunakan bukan cuma beberapa aplikasi saja, bukan cuma untuk Youtube-an, Facebook-an, atau WhatsApp-an saja, tapi bisa juga untuk akses aplikasi online lainnya.

Selain itu, paket internet Smartfren unlimited ini tidak dibagi waktunya, tidak ada kuota malam sekian GB, kuota reguler sekian GB, bisa 24 am.

Berapa tarif internet unlimited Smartfren?
Adapun pilihan paket internet unlimited Smartfren 4G untuk saat ini hanya ada pilihan paket bulanan saja. Ada tiga pilihan, dibedakan berdasarkan FUP / batas pemakaian wajar. Berikut ini rinciannya.

Rp50.000 tanpa FUP kecepatan up to 512 Kbps
Rp60.000 FUP 1 GB / hari
Rp100.000 FUP 1,5 GB / hari

Pembelian paket internet unlimited Smartfren 4G dapat dilakukan melalui MySmartfren atau melalui kode akses *123#.

FUP bukan jumlah kuota, tapi batas pemakaian wajar. Misal, kalian pilih yang paket dengan harga Rp60.000, FUP-nya 1 GB. Jika dalam sehari kalian mengakses internet sampai 1 GB, setelah mencapai 1 GB, kalian masih bisa internetan, tapi batas kecepatannya akan diurunkan menjadi 128 Kbps.

Bagaimana kalau dalam sehari tidak mencapai FUP? Misalnya, dalam sehari kalian akses internet tidak mencapai 1 GB, besoknya FUP tetap 1 GB, FUP pada hari sebelumnya tidak diakumulasikan.

Untuk paket Rp100.000, FUP-nya lebih besar dari yang paket Rp60.000, namun kecepatan setelah mencapai FUP sama, yaitu 129 Kbps.

Sedangkan untuk paket Rp50.000 tidak ada FUP, sehingga batas kecepatan tetap. Namun, batas kecepatannya cuma sampai 512 Kbps. Ini bukan berarti kecepatannya 512 Kbps, tapi batas maksimal kecepatannya. Jadi, selancar apapun jaringannya, sekuat apapun sinyalnya, kecepatan maksimalnya tetap 512 Kbps.

Lalu mana yang terbaik? Tergantung keperluan. Namun, yang penting diperhatikan adalah bagaimana kualitas dan kekuatan sinyal Smartfren di daerah kalian. Meskipun sudah 4G, tapi kalau sinyalnya tidak terjangkau juga percuma. Mending 3G tapi sinyalnya bagus, ketimbang 4G tapi sinyalnya kadang muncul kadang tidak.

Paket internet Smartfren unlimited 4G ini menurut saya sangat murah. Meski ada FUP-nya, rasanya segitu juga sudah banyak. Sehari 1 GB bagi yang akses internet standar, seperti browsing web, Facebook-an, bahkan Youtube-an (asal nggak seharian), rasanya cukup lah kuota segitu.

Kalau sinyal Smartfren di daerah saya bagus, mungkin saya pakai Smartfren. Sayangnya, sinyalnya kurang bagus. Ya ada sih sinyalnya, untuk akses internet juga lumayan. Tapi, sinyalnya masih kalah dengan Axis / XL kalau di tempat tinggal saya.

Agar bisa menikmati layanan Smartfren unlimited 4G pastikan perangkat yang digunakan sudah 4G, nggak harus HP Smartfren, tapi bisa juga HP / smartphone lainnya, asal sudah 4G. Paket internet ini tidak dapat digunakan untuk perangkat MiFi.

Kalau kalian tertarik, silakan beli kartu Smartfren di konter terdekat di daerah kalian. Sebaiknya beli yang sudah ada kuotanya, supaya lebih hemat. Tapi kalau mau beli perdana yang biasa, nggak papa sih, hehe. Kartu Smartfren yang saya beli tidak perlu repot-repot diregistrasi.

Demikian pembahasan tentang tarif paket internet unlimited Smartfren 4G. Bagaimana menurut kalian? Cukup murah kan?

Cara transfer pulsa Smartfren ke operator lain apakah bisa?

Bagaimana sih cara transfer pulsa Smartfren ke sesama Smartfren? Apakah bisa kirim pulsa Smartfren ke operator lain? Layanan berbagi pulsa atau transfer pulsa memang layanan yang bermanfaat bagi pengguna. Layanan ini sudah umum disediakan oleh berbagai operator seluler, tak terkecuali Smartfren. Dengan layanan ini, pengguna dapat berbagi pulsa ke pengguna lainnya, pada umumnya hanya bisa untuk sesama operator saja, tidak bisa ke operator lain. Atau ada juga yang bisa ke operator lain, tapi operator tersebut masih satu perusahaan. Misal Axis dengan XL, pengguna Axis bisa transfer pulsa ke pengguna XL, begitu pun sebaliknya.

Nah, untuk layanan transfer pulsa Smartfren, pengguna hanya bisa mentransfer pulsa Smartfren ke sesama pengguna Smartfren. Itu pun masih dibagi-bagi lagi berdasarkan nomor awal Smartfren. Fitur ini berguna, misalnya ada saudara yang perlu bantuan pulsa, mau isi pulsa tapi udah malem, lagi nggak ada duit, dompet tipis, tanggal tua, nggak ada yang jual pulsa, atau alasan lainnya. Asalkan jangan SMS mama minta pulsa ya. Kalau beneran sih nggak masalah, tapi kalau cuma modus, perlu waspada.

Layanan transfer pulsa Smartfren juga berguna bagi yang punya dua kartu Smartfren. Misal, kartu yang satunya pulsanya lebih banyak, kemudian mau ditransfer sebagian ke kartu Smartfren lainnya. Tapi, kalau pulsa bukan isi ulang, melainkan dari transfer pulsa biasanya tidak menambah masa aktif. Kan ada tuh yang jualan pulsa dengan sistem transfer pulsa.

Cara Transfer Pulsa Smartfren
Untuk mengirim pulsa ke sesama pengguna Smartfren, caranya ketik KIRIM.NOMOR TUJUAN.JUMLAH PULSA, lalu kirim ke 879.

Contoh: KIRIM.088212345678.5000

Meski bisa kirim ke sesama operator Smartfren, tetap ada pembagian lagi berdasarkan nomor awal Smartfren.

Untuk kartu Smartfren dengan nomor awal 0881/0882 hanya bisa kirim pulsa ke kartu dengan nomor awal 0881/0882. Dengan begitu, kartu dengan nomor awal 0881 bisa transfer pulsa ke kartu dengan nomor awal 0882, dan sebaliknya.

Sedangkan untuk kartu Smartfren yang punya nomor awal 0887/0888/0889 atau nomor lokal ke kartu dengan nomor awal 0887/0888/0889 atau nomor lokal.

– pulsa yang ditransfer untuk satu kali kirim minimal Rp1.000 dan maksimal Rp100.000
– pulsa bonus tidak bisa ditrnsfer
– layanan ini tidak menambah masa aktif kartu penerima
– minimal pulsa setelah transfer pulsa adalah Rp5.000
– ada biaya layanan per transfer pulsa
– hanya berlaku untuk pengguna Smartfren prabayar

Jika sudah transfer pulsa, sudah ada laporan pulsa terkirim, tapi ternyata di kartu penerima pulsa belum terkirim, sebaiknya hubungi call center Smartfren.

Itulah cara transfer pulsa Smartfren. Mudah bukan? Kalau dirasa ribet, lebih mudahnya tinggal isi pulsa di konter. Nggak harus yang ada tulisan Smartfren-nya kok. Ada masalah saat kirim pulsa Smartfren? Coba ceritakan di kolom komentar.