Cara Registrasi Kartu Smartfren untuk HP & Modem

Bagaimana sih cara registrasi kartu Smartfren untuk HP Android dan modem? Untuk mendaftarkan kartu bisa dengan melalui SMS. Karena adanya regulasi pemerintah, kartu perdana harus didaftarkan dulu supaya dapat digunakan untuk SMS, nelpon, dan internetan. Tapi, saya pernah beli kartu Smartfren yang ada kuotanya, tidak perlu daftar, langsung bisa untuk internetan.

Tapi, bagi kalian yang sudah beli kartu Smartfren, kemudian kartu tidak bisa digunakan untuk internetan meskipun sinyal kuat, kuota internet ada, sebaiknya didaftarkan dulu. “Duh kok jadi ribet gini ya, pake daftar daftar segala”. Sebenarnya, peraturan ini berguna untuk pengguna, untuk melindungi konsumen. Zaman sekarang banyak penipuan lewat HP, dari dulu juga banyak sih. Kalau dulu registrasi masih bisa menggunakan data asal-asalan, sekarang data yang dimasukkan harus benar, karena harus pakai nomor NIK dan KK (Kartu Keluarga), ini tidak bisa ngasal, kalau NIK dan KK tidak terdaftar, registrasi tidak berhasil (walaupun data sudah benar saja banyak yang gagal).

Untuk itu, sebenarnya registrasi kartu prabayar itu penting. Tapi, registrasi dibatasi cuma maksimal 3 kartu saja. Maksudnya, kalau NIK dan KK sudah didaftarkan untuk 3 nomor kartu, maka tidak bisa lagi.

Cara registrasi kartu Smartfren bisa dilakukan lewat HP Android maupun lewat modem. Beriku ini caranya.

1. Lewat 4444
Untuk mendaftarkan kartu Smartfren baru lewat SMS dengan format NIK#NoKK#, lalu kirim ke 4444. Kalau lewat modem, tinggal buka aplikasi modem, kemudian buka fitur SMS.

2. Lewat web Smartfren
Registrasi juga bisa diakukan melalui web Smartfren. Lha kalau belum didaftarkan kan belum bisa untuk internetan? Gimana caranya coba buka web Smartfren sedangkan kartu belum bisa untuk internetan?

Pendaftaran kartu Smartfren prabayar lewat web bisa dilakukan lewat perangkat lain, dengan kata lain, nggak harus lewat HP dan internetan menggunakan kartu yang mau didaftarkan. Web dapat diakses lewat jaringan WiFi, bisa juga mendaftarkan kartu Smartfren lewat laptop/PC tanpa harus internetan menggunakan kartu Smartfren.

Caranya, buka http://my.smartfren.com/mysmartfren/prepaid_reg.php. Masukkan data-data yang diperlukan, seperti nomor Smartfren dan NIK. Selanjutnya, pilih metode verifikasi, kalian bisa pilih metode verifikasi lewat SMS (kode dikirim ke HP yang dipasangi kartu Smartfren. Langkah berikutnya adalah masukkan nomor KK (yang ada di bagian atas KK, ada 16 digit angka).

Masukkan juga email dan nomor HP lainnya. Setujui syarat dan ketentuan layanan dengan memberi tanda centang pada kotak yang disediakan.

3. Mengunjugi galeri Smartfren
Kalau pendaftaran masih gagal, atau tidak mau ribet-ribet mendaftarkan sendiri, kalian bisa datang ke galeri Smartfren terdekat dengan membawa KK dan KTP.

Pendaftaran kartu Smartfren juga bisa dilakukan lewat konter di mana kalian beli kartu Smartfren, bisa dengan minta bantuan ke pelayan konter untuk mendaftarkan kartu Smartfren yang kalian beli di konter tersebut.

Kalau mendaftarkan sendiri, 1 NIK maksimal cuma bisa untuk 3 kartu. Kalau untuk mendaftarkan nomor keempat dan seterusnya, coba kunjungi galeri Smartfren terdekat.

Demikian pembahasan tentang cara mendaftarkan kartu Smartfren baik di HP Android, maupun lewat modem. Baik lewat SMS maupun lewat online di web Smartfren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *