Cara Menghemat Kuota Internet HP Android

Bagaimana sih cara menghemat kuota internet di HP Android agar tidak cepat habis? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya kuota paket internet tidak cepat habis, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur penghemat data di browser. Salah satu browser yang menyediakan fitur ini adalah Chrome, yang merupakan browser bawaan OS Android.

Lalu apa lagi cara yang bisa dilakukan agar kuota internet lebih hemat, sehingga tak cepat habis? Berlangganan paket internet berbasis kuota merupakan salah satu cara agar dapat menikmati layanan internet lebih murah, ketimbang internetan tanpa paketan. Namun, melakukan aktivitas tertentu seperti menonton video secara online bisa menyebabkan kuota internet cepat habis.

Kali ini paketinter.net mencoba share cara menghemat kuota internet di HP Android. Berikut ini caranya.

1. Menonaktifkan update aplikasi otomatis
Aplikasi-aplikasi yang terpasang di HP Android ini dapat terhubung ke internet. Misalnya, aplikasi WhatsApp dari PlayStore dapat terhubung ke Playstore. Supaya bisa menggunakan aplikasinya lagi, pengguna meng-update aplikasi WhatsApp terbaru (walaupun bisa diakali dengan memundurkan waktu di HP). Tapi ada juga aplikasi yang kalau ada update terbaru, penggunanya mau tidak mau harus meng-update aplikasi tersebut. Misalnya, aplikasi game online. Update ini otomatis memerlukan sambungan internet, yang berarti memerlukan kuota internet bagi yang berlangganan paket internet berbasis kuota.

Ini baru satu aplikasi. Sedangkan di HP Android tidak cuma satu aplikasi.

Untuk itu, agar kuota internet HP Android lebih hemat, maka sebaiknyaa nonaktifkan update aplikasi secara otomatis. Caranya buka Play Store. Ketuk tiga garis yang ada di kiri atas tampilan. Pilih Setelan / Settings. Di situ kalian bisa memilih agar aplikasi tidak di-update secara otomatis. Kalian juga bisa pilih tetap mengaktifkan update aplikasi secara otomatis, tapi ketika perangkat tersambung dengan Wi-Fi. Jika memilih ini, maka jika ada update aplikasi, aplikasi tidak di-update secara otomatis selama perangkat tak terhubung dengan WiFi.

Untuk mengatur agar aplikasi tidak di-update secara otomatis, baik saat terhubung dengan Wi-Fi maupun tidak, pilih “Jangan update aplikasi secara otomatis”.

2. Menurunkan resolusi video Youtube
Salah satu penyebab kuota internet cepat habis adalah sering digunakan untuk memutar video, bukan video di gallery, tapi video yang ada di website, misalnya Youtube. Adapun besarnya data tergantung pada durasi dan resolusi video tersebut. Bagi yang nggak tau apa itu resolusi video, simpelnya gini, makin tinggi resolusi video, gambarnya makin jernih, begitu juga sebaliknya. Makin tinggi resolusi video, data atau kuota internet yang diperlukan juga makin besar. Video dengan durasi 5 menit saja bisa memerlukan data 10 MB.

Buat kalian yang suka Youtube-an, agar kuota lebih hemat, kalian bisa atur resolusi video-nya. Selain menghemat kuota juga bisa mempercepat loading / buffering, karena data yang diperlukan lebih kecil, sehingga aksesnya lebih cepat. Caranya, jika kalian buka Youtube pakai aplikasi Youtube, ketuk titik tiga di kanan atas layar. Selanjutnya, pilih Kualitas, lalu pilih dengan angka terendah. Kalau memilih Otomatis, berarti kualitas bergantung pada kecepatan internet saat mengakses video.

Di Youtube ada fitur untuk memainkan video secara offline, sehingga kalau suatu saat mau memutar video tersebut, nggak perlu terhubung ke internet. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di semua video.

3. Nonaktifkan fitur auto play video di Facebook
Facebook bukan cuma buat berbagi status curhatan galau habis ditinggal nikah mantan, tapi bisa juga untuk berbagi foto selfi alay dengan wajah putih karena di-edit pakai aplikasi, tapi juga bisa untuk berbagi video. Namun, yang menyebalkan adalah, kalau kita buka Facebook, ada yang update status berupa video, video-nya memutar secara otomatis. Padahal kita belum tentu mau menonton video tersebut. Solusinya adalah dengan menonaktifkan fitir auto play di Facebook. Setelah fitur tersebut nonaktif, kita masih tetap bisa nonton video di Facebook.

4. Menonaktifkan fitur Google Photo
Di HP Android ada pengaturan agar foto bisa dikirim ke Google Photo secara otomatis. Fitur ini berfungsi sebagai backup. Jadi, kalau foto terhapus, entah sengaja atau tidak, masih bisa dilihat di Google Photo. Namun, karena ini termasuk fitur penyimpanan online, untuk mengirim foto ke Google Photo, memerlukan data. Untuk menonaktifkannya, masuk ke aplikasi Foto, tekan MULAI. Pada pilihan Cadangkan & sinkronisasi, seret lingkaran biru ke kiri untuk menonaktifkan fitur ini, ketuk LANJUTKAN, lalu pilih YA.

5. Membatasi penggunaan data di HP Android
HP dengan OS Android memiliki fitur untuk membatasi penggunaan intrnet dalam jangka waktu tertentu. Misal, dalam satu bulan dibatasi cuma 5 GB saja, setelah 5 GB tidak bisa buat internetan lagi kalau settingan-nya belum berubah. Ini tidak mempengaruhi jumlah kuota internet. Misalnya, pemakaian data di HP Android dibatasi 5 GB, sedangkan kalian punya 8 GB, setelah 5 GB habis, yang 3 GB ini msih ada.

Caranya, buka Pengaturan. Pilih Penggunaan data. Pada Atur batas data seluler, aktifkan. Kemudian atur batas penggunaan data yang diinginkan.

6. Batasi penggunaan data latar belakang
Aplikasi tertentu dapat beralan di belakang layar, meskipun kita tidak membukanya. Ketika HP Android terhubung ke internet, ada aplikasi tertentu yang walaupun kita tidak membukanya, aplikasi tersebut ‘memakan’ kuota internet, sehingga bisa bikin kuota internet cepat habis.

Kabar baiknya, kita bisa membatasi penggunaan data untuk aplikas-aplikasi tersebut. Caranya, buka Pengaturan > Penggunaan data > Pilih LAINNYA pada kanan atas layar > Batasi data latar belakang > OK

Pada Data latar belakang, kalian bisa pilih aplikasi mana yang kalau sedang tidak dijalankan di latar depan, tidak menggunakan data seluler.

7. Menggunakan fitur penghemat data di Chrome
Chrome merupakan browser bawaan OS Android. Untuk keamanan dan kenyamanan sebaiknya gunakan browser Chrome untuk internetan di HP Android. Tidak perlu memasang aplikasi browser dari pihak ketiga, karena brower bawaan Android ini sudah punya banyak fitur, termasuk fitur penghemat data. Fitur ini bekerja denan mengompresi halaman web yang diakses sehingga ukurannya lebih kecil. Dengan begitu, kuota internet pun lebih hemat.

Cara mengaktifkannya, buka Setelah Chrome dengan mengetuk titik tiga pada kanan atas, pilih Setelan, scroll layar ke bawah, ketuk Penghemat Data, lalu atur agar aktif.

Jadi, Chrome yang berupakan browser bawaan Android juga punya fitur penghemat data, tak perlu memakai aplikasi browser pihak ketiga.

Itulah beberapa tips untuk menghemat kuota internet HP Android. Kalau kalian memerlukan banyak kuota tapi tetap hemat, kalian bisa mencoba paket internet dengan kuota malam. Biasanya provider internet menyediakan paket malam dengan kuota yang lebih banyak, ketimbang paket reguler (24 jam). Dengan begitu, kuota internet yang didapat lebih banyak dengan harga yang sama, atau bahkan lebih murah ketimbang paket internet reguler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *