Cara Komplain Smartfren | Menghubungi Operator Smartfren

Bagaimana sih cara komplain Smartfren? Bagaimana cara menghubungi Smartfren kalau ada kendala / masalah yang berkaitan dengan Smartfren? Operator seluler dan penyedia layanan internet tak lepas dari yang namanya komplain, bahkan termasuk provider terbaik sekalipun. Adapun yang umum dikeluhkan adalah tentang masalah jaringan, misalnya kecepatan internet yang lambat, tak seperti yang diiklankan.

Memang kalau diiklan itu katanya kecepatan internetnya sekian, nyatanya buka web aja lama, bukan Facebook aja susah. Well, ada hal yang perlu kalian tau bahwa konsumen belum tentu mendapatkan kecepatan seperti yang diiklankan. Misal, ada iklan layanan internet, disebutkan kecepatannya up to 10 Mbps. Begitu dibeli, eh boro-boro 10 Mbps, dapet kecepatan 1 Mbps aja udah mending.

Sebenarnya provider juga tak salah, karena itu cuma batas maksimal kecepatan yang bisa didapat. Jadi gini, kalau pada paket internet tertentu, misal, up to 10 Mbps, itu adalah batasan maksimal kecepatan internet yang bisa didapat konsumen. Jadi, sangat mungkin kalau kecepatan yang didapat di bawah 10 Mbps.

Keluhan umum yang biasa dikeluhkan oleh pengguna Smartfren adalah masalah susah sinyal. Smartfren kini sudah menggunakan jaringan 4G, sehingga kecepatannya lebih baik ketimbang saat menggunakan EVDO. Meskipun begitu, ketersediaan sinyal juga berpengaruh. Nggak harus sinyal penuh, asalkan stabil.

Sinyal ada, stabil, tapi kok tetep koneksi internetnya lambat? /Itu bisa saja terjadi, misalnya banyak pengguna Smartfren yang akses internet dalam waktu bersamaan sehingga membuat jaringan sibuk.

Itu contoh masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna Smartfren. Jika kalian mau komplain ke Smartfren, ada sejumlah cara yang bisa kalian lakukan. Kalian bisa komplain Smartfren ke galeri Smartfren terdekat. Kalau tak mau ribet-ribet ke galeri, kalan bisa komplain Smartfren lewat telepon dan lewat internet.

Berikut ini cara komplain Sartfren.

1. Menghubungi CS Smartfren
Nomor Cutomer Service (CS) Smartfren adalah 888. Hubungi 888 lalu ikuti petunjuk yang ada. Silakan sampaikan permasalahan kalian yang berkaitan dengan Smartfren (bukan masalah rumah tangga ya :D) lewat panggilan telepon. Setelah menyebutkan informasi yang diminta, langsung saja utarakan maksud kalian, nggak usah gombalin CS-nya :D.

Selain lewat 888, kalian juga bisa melakukan panggilan ke 08811223344, atau lewat nomor telepon (021) 50100000.

2. Lewat Fanpage FB Smartfren
Cara komplain berikutnya bisa melalui halaman Facebook fanpage Smartfren yang beralamat di www.facebook.com/smartfren Atau bisa dengan cari “smartfren” lewat kolom pencarian Facebook. Pastikan memilih fanpage resmi (official) Smartfren, yang ditandai adanya centang putih dengan lingkaran biru.

Kalau sudah ketemu, silakan hubungi Smartfren lewat inbox / Pesan. Tunggu balasan dari pihak Smartfren.

3. Lewat Twitter
Selain akun FB, Smartfren juga memiliki akun Twitter, username-nya @smartfrenworld, @smartfrencare, dan @andromax. Untuk komplain Smartfren lewat Twitter, bisa melalui @smartfrencare. Kalian bisa hubungi akun tersebut lewat DM, atau membuat tweet dengan mention @smartfrencare.

Memang pengguna bisa komplain Smartfren lewat sosial media Smartfren. Namun, sebaiknya komplain lewat panggilan telepon, sehingga kalau ada yang tidak jelas atau kurang paham, bisa langsung ditanyakan. Kalau lewat sosmed, mesti nunggu balasan dari pihak Smartfren, sedangkan yang komplain bukan cuma satu atau dua orang saja.

4. Melalui email
Untuk komplain Smartfren lewat email, silakan kirim email ke customercare@smartfren.com.

5. Melalui laman Contact Us di web Smartfren
Silakan kunjungi https://www.smartfren.com/id/contact-us/ kemudian isi data-data yang diperlukan, seperti nama, email, nomor Smartfren, dan sebagainya.

Sudah tau kan bagaimana cara komplain / menghubungi Smatfren?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *